Logo Optika.Id
Politik

01-12-2022 | 14:10:23

Persaingan Elektabilitas Partai Politik di Jawa Timur Ketat, PKB Unggul

Ditulis oleh:

Uswatun Hasanah

Optika.id - Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) merilis hasil surveinya yang menunjukkan persaingan elektabilitas partai politik di Jawa Timur yang ketat menjelang Pemilu 2024. Survei ARCI tersebut juga menunjukkan bahwa di Jawa Timur, PKB masih menduduki posisi teratas dengan total elektabilitas 17,8%.

“Namun selisihnya tidak terlalu jauh dengan PDI Perjuangan yang ada di posisi dua dengan elektabilitas 14,1%. PKB masih teratas, tetapi angkanya belum aman. PDIP kedua, selisihnya enggak begitu jauh," kata Direktur ARCI, Baihaki Siraj di Surabaya, Rabu (30/11/2022).

Kemudian, di posisi ketiga ada Partai Gerindra yang meraih elektabilitas yang selisihnya juga tidak terlampau jauh yakni sebesar 13,9%. Peta elektabilitas partai politik (Parpol) di luar 3 besar juga mulai bergeliat. Hal ini ditunjukkan dari elektabilitas Partai Golkar yang mulai memangkas jarak dengan PDIP, PKB, dan Partai Gerindra dengan capaian 12,6%.

Baihaqi juga menyebut jika Partai Golkar mulai menunjukkan progress yang cukup signifikan di Jawa Timur. Baihaqi menduga hal tersebut disebabkan oleh efek Ketua Partai Golkar Jawa Timur, Sarmuji yang rajin turun ke berbagai daerah.

Elektabilitas Partai Golkar di Jawa Timur pada survei yang dilakukan oleh ARCI pada bulan Agustus 2022 silam hanya menghasilkan 10,2%. Artinya, dalam tiga bulan mengalami kenaikkan lebih dari 2%.

Disusul posisi kelima yakni ditempati oleh Partai Demokrat dengan elektabilitas sebanyak 11,4%. Di luar kelima partai tersebut seperti PKS, PPP, PAN dan Partai Nasdem elektabilitasnya di Jatim tidak sampai 5%.

Baihaki juga menyinggung bahwa persaingan antar parpol di Jatim sangat dinamis, khsusunya dalam memperebutkan posisi tiga besar teratas. Akan tetapi, ujar Baihaqi, belum ada partai yang masuk jajaran 3 besar yang posisinya aman, termasuk PKB yang menempati posisi puncak. Hal tersebut disebabkan selisih antara satu parpol dengan parpol lainnya terbilang tipis

Survei ARCI dilakukan pada 10 November hingga 20 November 2022. Survei menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 1.200 responden dan angka margin of error di kisaran 2,8%.

Berikut elektabilitas Parpol di Jatim berdasarkan hasil survei ARCI yakni PKB dengan elektabilitas sebanyak 17,8%; PDI Perjuangan dengan elektabilitas 14,1%; Partai Gerindra yang meraih suara sebanyak 13,9%; disusul posisi keempat yang ditempati oleh Partai Golkar sebanyak 12,6%; kemudian Partai Demokrat dengan elektabilitas 11,4%.

Selanjutnya, Partai Nasdem dengan 4,2% suara; PPP dengan elektabilitas 3,8%; PKS dengan total suara 3,5%; Partai Perindo 3,2% suara; PAN dengan 2,1% suara; dan PSI yang hanya meraup 1,2% suara.

Sementara itu, yang tidak menjawab/tidak mengetahui sebanyak 12,2%.

Reporter: Uswatun Hasanah

Editor: Pahlevi

Tag

Kota Surabaya
pkb
Partai politik
Survei partai politik
Survei ARCI
PKB Jatim

Bagikan ke

Tulis Komentar

Memuat...

Komentar

|

|

|

|