Logo Optika.Id
Netizen

06-12-2022 | 09:57:09

Laga Brasil vs Korea Selatan Jadi Laga Terakhir di Stadion 974

Ditulis oleh:

Seno

Optika.id - Stadion 974 di Ras Abu Aboud, Doha, Qatar resmi dibongkar usai menjadi saksi kebrutalan Brasil mengempaskan Korea Selatan 4-1 di babak 16 besar Piala Dunia 2022, Selasa (6/12/2022) dini hari WIB.

Stadion 974 memang dibangun sebagai stadion tambahan tempat gelaran Piala Dunia 2024. Stadion ini dibangun dengan susunan sebanyak 974 kontainer, sebagai bagian dari semangat efisiensi Qatar dalam menyelenggarakan Piala Dunia.

Satu-satunya stadion di Qatar tanpa AC itu akan dibongkar dan digunakan kembali di tempat lain. Pertandingan di stadion ini hanya dijadwalkan pada malam hari saat suhu relatif lebih sejuk daripada siang hari. Itu karena tidak adanya AC.

Pertanyaannya, mengapa stadion ini akan digunakan terakhir saat Neymar da Silva Santos Junior bertemu Son Heung-min? Ternyata, sejak awal pembangunannya, Qatar berencana membongkar Stadium 974 setelah digunakan menggelar tujuh pertandingan Piala Dunia 2022.

Stadion dengan kapasitas 44 ribu penonton tersebut pungkas menjadi panggung tujuh pertandingan Piala Dunia sejak dibuka pada November lalu. Stadion 974 menjadi stadion pertama di Piala Dunia yang dapat dibongkar sepenuhnya.

"Penyelenggara telah berjanji untuk membongkarnya, mengemasnya, menaruhnya di kapal dan memasangnya kembali di luar negeri," tulis laporan Financial Times, Selasa (6/12/2022).

Stadion 974 dirancang untuk mengatasi kekhawatiran bahwa Qatar menghabiskan miliaran dolar untuk pembangunan stadion, namun terbengkalai setelahnya.

Kendati demikian, pembangunan Qatar memastikan kursi-kursi stadion yang dibongkar tersebut akan disumbangkan ke negara-negara lain yang tengah mengembangkan program sepak bola.

Material bangunannya tidak hanya untuk stadion. Misalnya, kursi stadion bisa digunakan untuk bangku sekolah. Sementara kontainernya bisa digunakan sebagai tempat tinggal, besi-besinya berubah menjadi pagar, atau lampu stadion bisa dijadikan penerangan jalan raya.

"Qatar telah berjanji untuk memberikan sekitar 170.000 kursi setelah peluit akhir," tulis laporan Financial Times.

Stadion 974 menjadi saksi Brasil memastikan langkah ke perempat final Piala Dunia 2022 setelah menang telak 4-1 atas Korea Selatan pada 16 besar Piala Dunia 2022, Selasa (6/12/2022).

Empat gol diciptakan Brasil di babak pertama. Tim asuhan Tite itu menunjukkan performa luar biasa di 45 menit pertama. Vinicius Jr., Neymar, Richarlison, dan Lucas Paqueta bergantian membobol gawang Korea. Korea akhirnya mencetak satu gol balasan lewat Paik Seung Ho di babak kedua.

Penulis: Vina Aprilyaningrum (Mahasiswi Stikosa-AWS)

Editor: Pahlevi

Tag

piala dunia
piala dunia qatar

Bagikan ke

Tulis Komentar

Memuat...

Komentar

|

|

|

|