Meravi CS Academy Dibuka di Jogja, Bersiap Hadapi Pertumbuhan Start-up Unicorn dan Decacorn.

author Seno

- Pewarta

Jumat, 15 Okt 2021 19:27 WIB

Meravi CS Academy Dibuka di Jogja, Bersiap Hadapi Pertumbuhan Start-up Unicorn dan Decacorn.

i

IMG-20211015-WA0005

Optika, Jogjakarta - Merger start-up Gojek dan Tokopedia serta melantainya perusahaan teknologi Bukalapak di Bursa Efek Indonesia pada pertengahan tahun 2021 ini memicu dorongan pertumbuhan perusahaan teknologi lainnya. Baru saja perusahaan teknologi Ajaib mengantongi pendanaan investor 2,2 triliun dan dikukuhkan sebagai perusahaan unicorn ke-7 yang dimiliki Indonesia serta satu-satunya perusahaan financial technology pertama di Asia Tenggara. Keberhasilan ini kemudian disusul perusahaan-perusahaan teknologi lain untuk berlomba-lomba menyandang status unicorn dan decacorn.

Perkembangan dan pertumbuhan cepat unicorn dan decacorn di Indonesia ini akan memicu permintaan customer service online yang begitu tinggi. Karena perusahaan-perusahaan unicorn dan deacacorn ini berfokus pada orientasi bisnis digital yang membutuhkan cs online sebagai garda terdepan kemajuan bisnis mereka. Cs online akan menjadi wajah depan layanan perusahaan teknologi yang mampu memangkas biaya operasional, menghadirkan layanan yang lebih efektif dan efisien ketimbang harus menyediakan customer service tatap muka dengan penyediaan ruang kantor yang luas dan terpusat. Dengan menghadirkan customer service online, maka layanan dan transaksi bisnis dapat dijangkau melewati batas-batas waktu dan batas geografis, bisnis tetap terus berjalan selama 24 jam sehari dan 7 hari dalam satu minggu.

Tingginya permintaan customer service online ini dihadapkan dengan belum adanya sekolah khusus atau pelatihan terstruktur customer service online. Sehingga perusahaan teknologi start up harus melatih ulang tenaga-tenaga SDM yang diterima dan itu berarti akan menambah anggaran belanja perusahaan. Kondisi ini telah diprediksi Meravi.id sebagai sebuah perusahaan teknologi konsultan start-up unicorn dan decacorn, dan oleh karena itu kemudian mendirikan Meravi CS Academy.

Meravi CS Academy adalah sekolah khusus untuk mendidik sumber daya manusia handal yang dibekali pemahaman dasar mengenai customer service online, problem thinking dan analythical thinking dalam menyelesaikan masalah-masalah secara cepat. Sehingga nantinya bisa membantu perusahaan start up untuk menghadirkan wajah layanan yang efektif dan efisien. Niza Wibyana Tito, Direktur Syncore-Meravi Group dalam sambutan peluncuran Meravi CS Academy menyampaikan bahwa customer service merupakan wajah depan perusahaan yang perlu dilatih secara handal dan dapat memberikan kepuasan layanan pelanggan. Kami memprediksi lonjakan kelahiran start-up unicorn dan decacorn pada tahun 2024 harus dihadapi dengan penyiapan SDM CS Online yang handal dan mumpuni, demikian pernyataan Tito.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Kemitraan dan Operasional Meravi, Diana Arta menyampaikan bahwa Meravi CS Academy ini didirikan mengingat Meravi.id telah bekerjasama dan menjalin partner dengan banyak perusahaan start up unicorn dan decacorn sehingga sangat memahami masalah utama perusahaan teknologi adalah penyediaan customer service online yang handal. Meravi Group telah lama mendampingi perusahaan teknologi baik berbentuk start up, perbankan, bank digital, umkm hingga badan usaha desa dalam bentuk pendampingan online, inkubasi hingga penyediaan event organizer serta pelatihan terstuktur.

Pada pertengahan tahun ini, Meravi CS Academy akan membuka beberapa gelombang pelatihan customer service online dimana setiap batchnya hanya terdiri atas 10 peserta saja sehingga bisa menghasilkan tenaga CS online yang handal dan mumpuni. Para peserta akan mendapat pendidikan terstruktur, modul-modul pelatihan serta mendapat mentor dan fasilitator yang telah berpengalaman. Pelatihan ini hanya akan memakan waktu selama 2 hari kerja saja dan Meravi CS Academy menjamin akan menyalurkan peserta ke partner-partner perusahaan teknologi yang telah bekerjasama dengan Meravi Group.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Meravi CS Academy juga membuka kerjasama dengan perusahaan-perusahaan teknologi, baik berbentuk start up unicorn, decacorn, umkm hingga swasta nasional jika membutuhkan pelatihan customer service online untuk pegawainya, atau membutuhkan tenaga kerja customer service online siap pakai.

(Subandi, MA. Penulis Alumnus Magister Universitas Gajah Mada)

Editor : Pahlevi

Tag :

BERITA TERBARU