Logo Optika.Id
In-depth

09-12-2022 | 11:42:40

Grassroots PAN Dukung Anies Baswedan, Akankah PAN Berkoalisi dengan NasDem?

Ditulis oleh:

Seno

Optika.id - Setelah muncul Amanat Indonesia (ANIES) yang diisi oleh kader senior dan simpatisan PAN (Partai Amanat Nasional). Sekarang grassroots dan kader PAN malah muncul di acara NasDem Provinsi Riau. Dengan membentangkan spanduk dukungan plus orasi agar DPP PAN memutuskan Anies Baswedan sebagai Capres (calon presiden) yang akan didukung.

Di sisi lain, para elite PAN menunjukkan gelagat akan mengusung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Terkait fenomena dukungan PAN ini, pengamat politik Rocky Gerung pun turut berkomentar. Rocky menilai situasi yang ada di PAN saat ini akan menunjukkan krisis kader.

Kondisi ini, katanya, menurut Rocky menguntungkan Amien Rais yang merupakan mantan politisi senior partai tersebut namun kini telah membuat partai baru, yakni Partai Ummat.

"Pak Amien Rais juga senang sebetulnya karena dia yang akan menampung semua itu (kader),” kata Rocky seperti dikutip Optika.id dari kanal Youtube Rocky Gerung Official dan Hersubeno Arief dari Forum News Network (FNN), Jumat (9/12/2022).

Tak seperti Amien Rais, Ketua PAN saat ini Zulkifli Hasan menurut Rocky sudah disandera oleh istana. Mengenai kemungkinan masalah hukum yang bisa menjerat, terbaru soal dugaan suap ‘titip keponakan’ masuk Unila (Universitas Lampung).

Rocky menilai langkah PAN yang cenderung akan memilih Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai sesuatu yang tak etis mengingat Ganjar adalah kader PDI Perjuangan.

“Pak Amien Rais sebetulnya betul walaupun partainya kecil dia mau kembalikan kejujuran dalam berpolitik nah itu orang akan lihat kontras bahwa Zulhas ternyata tak mampu mengakomodasi kepentingan politik etik,” jelas Rocky.

“Buat apa bikin partai kalau nggak ada kader? Itu artinya nitip tetangga,” imbuhnya.

Minta PAN Deklarasi Usung Anies

Diketahui, sejumlah kader PAN di acara NasDem Riau, membentangkan spanduk di panggung serta berorasi meminta DPP PAN segera mendeklarasikan Anies Baswedan.

“Kami adalah mewakili kader PAN provinsi Riau, Saya nama Tengku Zulmizan Assegaf sehari-hari merupakan Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPW PAN Provinsi Riau,” ujar Zul Mizan yang bersama kader PAN lainnya dan disambut tepuk tangan dari segenap massa yang hadir, dikutip dari kanal Youtube Dapur Ngeh, Jumat (9/12/2022).

Zul pun dengan semangat dalam menyampaikan orasinya di panggung NasDem, dia berharap pada akhirnya partai yang kini dipimpin oleh Zulkifli Hasan tersebut memberikan dukungan ke Anies Baswedan.

Dia pun mengajak para petinggi PAN untuk sadar dan melihat ke akar rumput bahwa mereka lebih condong ke Anies Baswedan.

“Karena itu saudaraku kami menghimbau karena sekarang masih proses, mudah-mudahan PAN pada akhirnya mendukung Anies Baswedan sebagai capres,” jelasnya.

PAN Akan Usung Ganjar

Sebelumnya, DPW PAN Jawa Tengah menyatakan ingin mengusung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (Pilpres) pada Pemilu Serentak 2024.

Setelah menerima usulan itu, Ketua Umum PAN Zulkilfi Hasan mengungkapkan bahwa memang hampir semua kader PAN mengusulkan Ganjar Pranowo yang kini menjabat Gubernur Jawa Tengah sebagai Capres 2024.

“Memang hampir semua wilayah begitu suaranya (usul Ganjar capres),” kata Zulhas dalam kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Jawa Tengah di Hotel Grasia, Semarang, pada Jumat (2/12/2022) lalu.

Zulhas mengatakan, usulan PAN Jateng itu akan ditampung oleh DPP untuk dibahas lebih lanjut sebagaimana mekanisme internal yang sudah ditetapkan.

Tentu nanti mekanismenya kan kita sampaikan di DPP pada saatnya,” katanya.

Peluang PAN Usung Ganjar

Sementara itu, pengamat politik Indonesian Public Institute (IPI), Karyono Wibowo, menganalisa peluang Ganjar Pranowo menjadi capres Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Munculnya nama Ganjar Pranowo sebagai usulan capres yang diajukan DPW PAN Jawa Tengah disebut hanya sebatas wacana.

Sebab, partai berlambang matahari itu masih masuk dalam KIB bersama PPP dan Golkar.

KIB sudah sepakat akan mengusung kader internal pada Pilpres 2024. Dan, Ganjar bukanlah kader dari tiga partai tersebut.

“Usulan dari DPW PAN Jawa Tengah dalam mengusung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) pada Pemilu Serentak 2024 baru sebatas wacana,” kata pengamat politik Indonesian Public Institute (IPI), Karyono Wibowo, Jumat (9/12/2022).

Meski sebatas wacana, Karyono menyebut, kemungkinan suara konsituen PAN di tingkat daerah lebih cenderung ke Ganjar.

Sehingga, tidak menutup kemungkinan Ganjar akan dapatkan tiket Capres dari KIB melalui PAN.

Namun demikian, menurut Karyono, dukungan tersebut semakin memperkuat sinyal bahwa PAN memiliki kecenderungan akan mengusung Ganjar.

Hal itu diperkuat oleh pernyataan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan yang menyebut bahwa rata-rata pengurus PAN di daerah suaranya sama ingin mengusung Ganjar Pranowo pada Pemilihan Presiden 2024.

Apalagi, lanjut Karyono, kader PPP juga mengikuti PAN dalam mengusung Ganjar di sebagai capres pada Pemilu 2024.

Melihat hal tersebut, Karyono menyebut KIB sejauh ini belum menyimpulkan untuk mendukung Ganjar.

Sebab, masih ada Partai Golkar yang masih setia mendukung kader partainya menjadi capres yakni Ketua Umum Airlangga Hartarto.

“Dukungan dari sejumlah pengurus PAN dan PPP belum bisa diambil kesimpulan bahwa KIB sudah bulat akan mengusung Ganjar,” pungkasnya.

Reporter: Pahlevi

Editor: Aribowo

Tag

PAN
anies baswedan
partai amanat nasional

Bagikan ke

Tulis Komentar

Memuat...

Komentar

|

|

|

|