Logo Optika.Id
Gaya Hidup

09-12-2022 | 13:41:22

THE LIDOS TOYS FEST 2022 di Malang, Ajang Unjuk Gigi Karya Toys Maker

Ditulis oleh:

Haritsah

Optika.id, Malang - Kota Malang memiliki potensi dalam bidang industri kreatif khususnya toys (Mainan). Untuk menunjang perkembangan industri kreatif, UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) Sanggar Minat Universitas Negeri Malang melaksanakan pameran The Lidos Toys Fest 2022.

Esti Nanda, Ketua Pelaksana acara ‘Lidos Toys Fest 2022’ mengatakan, The Lidos Toys Fest 2022 dilaksanakan pada tanggal 9 - 15 Desember 2022, dengan jam buka galeri dari jam 10.00-21.00 di Malang Creative Center.

"Pameran ini merupakan tindak lanjut dari beberapa kegiatan sebelumnya yaitu pameran toys berjudul “Biusiklus” yang dilaksanakan pada bulan maret 2022 dan dilanjutkan dengan workshop “Art Toys”," katanya pada Optika.id, Jumat (9/12/2022).

"The Lidos Toys Fest 2022, mengangkat “Habit”, dimana kita berkembang, terbentuk, dan berkarakter tak lepas dari kebiasaan, dan hal-hal kecil yang ada pada diri kita, baik melalui pengalaman, pengetahuan, hingga keberadaan lingkungan sekitar. Lewat tema “Habit” ini diharapkan dapat memunculkan local pride di pameran toys exhibition ini," imbuhnya.

Esti mengatakan, total ada 62 seniman yang menampilkan karyanya dalam acara ini, ada juga berbagai industri yang ikut berkolaborasi dalam pameran Lidos Toys Fest ini seperti Roleplay (studio animasi di Kota Malang), Museum Panji, ADGI (Asosiasi Desain Grafis Indonesia), dan masih banyak lagi.

The Lidos Toys Fest 2022 juga berkolaborasi dengan pemerintah di MCC (Malang Creative Center) sebagai tempat diselenggarakannya acara ini.

"Selain didukung berbagai aspek, acara ini juga didukung berbagai kolaborator seperti Posko Visual (Pameran mahasiswa Jurusan DKV UM), Roleplay (studio animasi di Kota Malang), Psychedelic.idn, dan juga Mini Space," tukasnya.

Pada kesempatan kali ini, katanya, The Lidos Toys Fest 2022 menjadi bagian dari FESTIVAL MBOIS 7.

"Tak hanya berisi Toys Exhibition, namun juga ada Toys Market, Ruang Memorabilia, Music Performance (Tani Maju, Dazzle, GAHBM, ISIL, Panji Laraswara, MMBI dan lainnya), Perform Art (dari Sangga Minat), Boardgame Malang, Mural and Graffiti, Workshop (Clay dan Sclpting using Zbrush oleh Wandah Kurniawan), Talkshow (Branding and Packaging Toys, Toys Photography, Studio) dan Competition (Cosplay and Photography)," tandasnya.

Jadi dalam Lidos Toys Fest ini, lanjutnya, diharapkan peserta tidak hanya mengetahui informasi mengenai suatu karya namun juga proses pembuatannya, serta dapat ikut berpartisipasi dalam kompetisi yang telah diadakan.

"Adapun tujuan kegiatan ini yaitu memberikan edukasi tentang industri toys bagi masyarakat dan perupa toys di Kota Malang pada khususnya. Selain itu, dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat membangun kedekatan baik antar perupa toys, maupun perupa toys dengan masyarakat, sehingga dapat membuka peluang dan kemungkinan-kemungkinan yang dapat menunjang ekosistem kreatif maupun industri kreatif di kota Malang," jelasnya.

"Diharapkan dengan adanya The Lidos Toys Fest 2022 dapat menjangkau semua masyarakat yang antusias untuk berkarya baik dari golongan mahasiswa, pelajar, pekerja dan lain-lain khususnya seniman dan ikut berpartisipasi aktif dalam dunia industri toys," pungkasnya.

Reporter: Ibnu Haritsah

Editor: Pahlevi

Tag

TOYS

Bagikan ke

Tulis Komentar

Memuat...

Komentar

|

|

|

|