Logo Optika.Id
Gaya Hidup

06-12-2022 | 12:04:39

Imunitas Tubuh Menurun Saat Musim Hujan: 10 Rekomendasi Minuman Hangat Ini Bisa Jadi Pilihan

Ditulis oleh:

Leni Setya Wati

Optika.id - Saat musim hujan atau musim dingin tiba, tak jarang membuat kita mudah terserang berbagai macam penyakit, seperti pilek, flu, demam hingga masuk angin.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam dari Primaya Hospital Bhakti Wara, dr Mauludi Rahmantya Tranggana, Sp.PD mengatakan, penyakit tersebut banyak dijumpai saat musim hujan. Apalagi, saat kondisi cuaca tidak menentu.

Menurut Mauludi, untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap fit, serta mencegah munculnya serangan penyakit di musim hujan, kita harus menjaga daya tahan tubuh, seperti makan makanan bergizi, tidur yang cukup, dan rutin melakukan olahraga atau aktivitas fisik.

Selain itu, utamakan untuk mengkonsumsi minuman hangat agar imunisasi tubuh lebih terjaga.

"Selain juga jaga kelembapan tenggorokan, dengan rajin minum air putih hangat," kata Mauludi, seperti dikutip dari Kompas.com, (6/12/2022).

Beruntungnya, Indonesia sendiri memiliki banyak sekali aneka minuman hangat yang bisa menjadi pilihan untuk dinikmati saat musim hujan. Mulai dari yang tradisional hingga kekinian.

Berikut ini sederet rekomendasi minuman hangat yang berhasil Optika rangkuman dari berbagai sumber:

1. Wedang Uwuh 

Wedang uwuh atau yang dikenal dengan minuman runtah atau sampah ini berasal dari Yogyakarta.

Wedang uwuh memiliki warna khas agak kemerahan yang didapat dari kayu secang. Selain secang, minuman ini kaya akan rempah lainnya seperti jahe, pala, cengkeh, kayu manis, kapulaga, serai, gula batu, serta diseduh dengan air hangat.

Selain dapat menghangatkan, wedang uwuh dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol, mengatasi masalah perut, dan melancarkan sirkulasi darah.

2. Wedang Ronde

Wedang ronde memiliki ciri khas seperti wedang jahe karena memiliki bau khas jahe di dalam kuahnya.

Perbedaanya dengan wedang jahe sendiri ada pada tambahan tepung ketan yang berbentuk bulat-bulat, kacang tanah sangrai, kolang kaling, serta potongan roti tawar pada sajiannya.

Masyarakat Tionghoa biasa menyebut minuman ini Tangyuan. Manis gula jawa dan hangatnya ronde cocok dinikmati usai hujan turun.

3. Angsle

Kalau Yogyakarta punya wedang uwuh, Jawa Timur punya angsle. Bahan utama angsle adalah santan, gula, dan beras ketan.

Angsle juga memiliki isian yang beragam, mulai dari roti tawar, mutiara, kacang sangrai, kacang hijau, kelapa, dan kolang-kaling. Wangi pandan didalamnya juga cukup menggugah selera.

Selain nikmat, angsle juga mengandung karbohidrat, sehingga satu mangkuk angsle saja sudah cukup mengenyangkan.

4. Bandrek

Bandrek bisa dibilang "wedang jahenya" orang Sunda. Perbedaannya dengan wedang jahe pada umumnya ada pada tambahan rempahnya, seperti serai, merica, pandan, telur ayam kampung, serta pemanisnya menggunakan gula aren.

Selain jahe yang dibakar, komposisi bandrek sendiri terdiri dari gula merah, gula pasir, cengkeh, kayu manis dan daun pandan. Bisa juga disajikan dengan susu kental manis.

5. Bajigur

Bajigur merupakan minuman yang berasal dari Jawa Barat. Bajigur identik dengan rasa hangat dari jahe, manis dari gula merah, dan gurih yang khas dari santan.

Tambahan garam, daun pandan, dan bubuk vanili membuat bajigur semakin mantap dinikmati saat musim hujan.

Bajigur juga dipercaya baik untuk kesehatan tulang, mengendalikan tekanan darah, hingga memperlancar sistem pencernaan.

6. Wedang Pokak

Minuman satu ini cocok digunakan untuk meredakan flu, batuk, masuk angin, demam, hingga menurunkan kadar kolesterol.

Bahan untuk membuatnya juga sederhana, mulai dari cengkeh, kayu manis, buah pekak, serai, hingga merica bubuk. Ada juga yang mengombinasikan wedang pokak ini dengan agar-agar dan selasih.

7. STMJ

STMJ (Susu, Telur, Madu, dan Jahe) juga merupakan minuman hangat yang cocok dinikmati saat musim hujan atau musim dingin tiba.

Bahannya mudah didapat dan cara membuatnya cukup praktis. Kamu tinggal menyiapkan kuning telur ayam kampung, susu evaporasi, jahe, pala utuh (bukan bubuk), dan kayu manis.

Selain itu, minuman ini juga cukup banyak dijual di warung pinggir jalan. Selain menghangatkan, minuman ini memiliki khasiat yang baik dalam menjaga imunitas tubuh.

8. Cokelat Hangat

Minuman cokelat juga cocok dinikmati saat musim hujan tiba. Kamu bisa menggunakan cokelat bubuk yang sudah dipanggang.

Kemudian kamu bisa menambahkan gula, susu, ekstrak vanilla, kayu manis, krim kocok, hingga marshmallow mini secukupnya.

9. Wedang Jahe

Wedang jahe juga diyakini cukup efektif dalam menjaga imunitas tubuh, apalagi saat musim hujan.

Khasiat wedang jahe selain menghangatkan tubuh saat musim hujan juga dapat meredakan nyeri otot hingga menjaga kesehatan usus.

Cara membuatnya juga cukup mudah karena hanya memerlukan jahe dan gula merah saja yang diseduh dengan air panas. Sehingga kamu bisa membuatnya sendiri di rumah.

10. Bir pletok

Bir pletok merupakan minuman khas Betawi. Meski namanya bir, minuman ini gak bikin kamu mabuk kok. Karena tidak mengandung alkohol sama sekali.

Minuman ini terbuat dari aneka rempah, seperti jahe, cengkeh, biji pala, lada, sereh, kapulaga, kayu manis, daun pandan, daun jeruk, dan gula manis.

Itulah beberapa minuman hangat yang bisa jadi rekomendasi yang cocok untuk kamu nikmati supaya imunitas tubuh tetap terjaga saat musim hujan.

Reporter: Leni Setya Wati

Editor: Pahlevi

Tag

musim hujan
minuman
Minuman Hangat
Imun Tubuh
Jahe
Wedang Ronde
Wedang Uwuh
Angsle
Bajigur
Bandrek

Bagikan ke

Tulis Komentar

Memuat...

Komentar

|

|

|

|