Logo Optika.Id
berita daerah

25-01-2023 | 01:41:26

1.069 Anggota PPS Dilantik KPU Kabupaten Gresik

Ditulis oleh:

Firtian Ramadhani

Optika.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gresik melantik 1.069 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang bertugas selama pemilu serentak tahun 2024. Setelah dilantik tugas berat menanti anggota PPS. Pasalnya, tahapan pemilu sudah berlangsung.

Ketua KPU Kabupaten Gresik Akhmad Roni mengatakan, dari 1.068 anggota PPS. Rinciannya, 713 orang dari unsur laki-laki dan ada 355 dari unsur perempuan.

“Dari jumlah itu, keterwakilan perempuan sudah terwadahi menjadi anggota PPS. Ini kemajuan mengingat targetnya 30 persen,” katanya, Rabu (25/1/2023).

Diakui Roni, keterlibatan perempuan dalam pesta demokrasi memberikan warna tersendiri. Ini bisa jadi wujud emansipasi terhadap hak-hak perempuan pada Pemilu 2024.

Sementara itu, Komisioner KPU Provinsi Jawa Timur Divisi Data dan Informasi Nurul Amaliyah pun mengingatkan agar para anggota PPS memegang teguh pakta integritas.

Hal ini untuk menghindari praktek KKN dalam menjalankan tugas dan mensosialisasikan seluruh tahapan pemilu kepada masyarakat.

“Kalau sudah dilantik dan menyatakan janji harus komitmen menjalankan tugas,” ungkapnya.

Masih menurut Nurul, pihaknya juga mengingatkan agar para anggota PPS menjaga ritme kerja dan kesehatan dengan baik. Ini juga sebagai bahan evaluasi pelaksanaan Pemilu tahun 2019 lalu.

“Kejadian pemilu 2019 jangan terulang lagi. Pasalnya, banyak anggota PPS jatuh sakit saat menjalankan tugas,” tandasnya.

Tag

Lantik Anggota PPS
KPU Gresik

Editor: Pahlevi

Bagikan ke

Tulis Komentar

Memuat...

Komentar

|

|

|

|