Aplikasi SiMalik, Trobosan Manajemen Publikasi Kegiatan Pemkot Kediri

author Jenik Mauliddina

- Pewarta

Sabtu, 04 Des 2021 13:35 WIB

Aplikasi SiMalik, Trobosan Manajemen Publikasi Kegiatan Pemkot Kediri

i

Dok : Dinas Kominfo Kota Kediri

Optika.id, Kota Kediri - Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kota Kediri, Jawa Timur, meluncurkan aplikasi SiMalik (Sistem Informasi Manajemen Publikasi Kegiatan Pemerintah Kota Kediri).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Kediri, Apip Permana mengatakan aplikasi SiMalik ini akan mempermudah para Unit Kerja Pemkot Kediri dalam menginformasikan kegiatannya ke DinKominfo Kota Kediri.

Baca Juga: Etika Mengirim Undangan Online agar Rapi & Sopan

"Kurang lebih ada sekitar 81 unit kerja di lingkungan Pemkot Kediri. Masing-masing unit kerja pasti memiliki kegiatan. Kami sebagai tempat untuk mempublikasikan kegiatan ingin mempunyai wadah agar mengetahui keseluruhan kegiatan dari masing-masing unit kerja," katanya, Sabtu (4/12/2021).

Perangkat daerah dan unit kerja di lingkup Pemkot Kediri dapat menggunakan aplikasi SiMalik sebagai tempat data dan informasi kegiatan yang perlu dipublikasikan. Sehingga meningkatkan tata kelola pemerintahan yang transparan dan akuntabel. 

"Aplikasi SiMalik ini sekedar tools (sarana). Sukses tidaknya akan tergantung dari operator dan verifikator. Karena ini untuk kepentingan Pemkot Kediri, kami ingin para operator dan verifikator dapat menjalankan fungsi dan tugasnya," jelasnya.

Ia mengatakan, sebelum disosialisasikan, aplikasi SiMalik telah dilakukan uji coba di 10 unit kerja selama dua bulan. 

Baca Juga: Menggali Isu Lokal yang Terpendam Kampanye Caleg

"Dari uji coba kemarin, ternyata adanya aplikasi SiMalik cukup efektif untuk pengelolaan publikasi yang terintegrasi serta transparasi kegiatan Pemkot Kediri ke masyarakat," ujarnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Reporter: Jeni Maulidina

Baca Juga: Kawasan Kumuh Kota Kediri Berkurang Drastis Jadi 223 Hektare

Editor: Amrizal

Editor : Pahlevi

BERITA TERBARU